Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan dalam Mendampingi Perkembangan Motorik Halus Balita Stunting

Authors

  • Asridawati Akib Politeknik Sandi Karsa, Indonesia
  • Rukinah Rukinah Politeknik Sandi Karsa, Indonesia
  • Ria Wahyuni Politeknik Sandi Karsa, Indonesia
  • Ernawati Pohan Politeknik Sandi Karsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35816/abdimaspolsaka.v1i2.17

Keywords:

ibu, gangguan pertumbuhan otak, senam

Abstract

Pendahuluan pemberdayaan masyarakat proses pembangunan masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri.

Tujuan: Pengabdian ini meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam mendampingi perkembangan motorik halus bagi balita stunting berbasis lokal.

Metode: Model lokarya terstruktur dan demosntrasi dan praktik dengan sasaran kegiatan ibu kader dengan desain pelatihan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan praktik langusng.

Hasil: Pengabdian ini menunjukkan antusiasme para kader dan masyarakat dalam mempraktikkan senam otak baik selama demosntrasi dan praktikum cukup tinggi.

Kesimpulan: Bahwa dengan pemberdayaan masyarakat dapat mendampingi perkembangan motorik halus balita stunting, kelemahan dari kegiatan ini adalah waktu yang relative singkat dan tempat yang kurang luas sehingga menghambat demonstrasi dari peserta

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Asridawati Akib, Politeknik Sandi Karsa, Indonesia

Program Studi Kebidanan

Rukinah Rukinah, Politeknik Sandi Karsa, Indonesia

Program Studi Kebidanan

Ria Wahyuni, Politeknik Sandi Karsa, Indonesia

Program Studi Kebidanan

Ernawati Pohan, Politeknik Sandi Karsa, Indonesia

Program Studi Kebidanan

References

Daracantika, A., Ainin, A., & Besral, B. (2021). Pengaruh Negatif Stunting terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, Dan Informatika Kesehatan; Vol 1, No 2 (2021)DO - 10.51181/Bikfokes.V1i2.4647 . https://journal.fkm.ui.ac.id/bikfokes/article/view/4647

Hanani, Z., & Susilo, R. (2020). Hu bungan Praktik Pemberian Makan d an Konsumsi Pangan Keluarga dengan Kejadian Stunting Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kalibagor. Jurnal Kesehatan, 13(2), 172–182.

Harlina, H., Hidayanty, H., & Nur, M. I. (2021). Studi Fakor Resiko Kejadian Stunting Pada Balita Di Wilayah Dataran Tinggi Dan Dataran Rendah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 501–510. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.634

Indah Yun Diniaty R, & Arisna Kadir. (2022). Gerakan Pencegahan Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mendukung Program 1000 Hpk. Abdimas Polsaka, 1(1), 35–38. https://doi.org/10.35816/abdimaspolsaka.v1i1.13

Kemenkes, R. I. (2018). Hasil utama RISKESDAS 2018. In Online) http://www. depkes. go. id/resources/download/info-terkini/materi_rakorpop_2018/Hasil% 20Riskesdas. http://p2ptm.kemkes.go.id/kegiatan-p2ptm/pusat-/hari-hipertensi-dunia-2019-know-your-number-kendalikan-tekanan-darahmu-dengan-cerdik

Kharisma, R. H., & Khotimah, S. (2017). Perbedaan Pengaruh Pemberian Senam Otak dengan Alat Permainan Edukatif terhadap Peningkatan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Universitas’ Aisyiyah Yogyakarta.

Kristiana, E. C. (2018). RCA w (2018) 'Nursing News. Nomor, 3, 3.

Kusuma, I. R. (2019). Senam Otak Untuk Optimalisasi Stimulasi Tumbuh Kembang Balita. Prosiding Seminar Nasional Lppm Ump; Prosiding Seminar Nasional Lppm UMP 2019. http://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15

Madyastuti R, L., Twistiandayani, R., & Rahayu, A. W. (2018). Pengaruh Senam Otak Terhadap Peningkatan Motorik Kasar Pada Anak Usia 4-6 Tahun. WIRARAJA MEDIKA, 8(2), 8–13. https://doi.org/10.24929/fik.v8i2.646

Putra Pratama, R. S., Dasuki, M. S., Agustina, T., & Soekiswati, S. (2022). ASI Eksklusif Sebagai Faktor Protektif Terhadap Kejadian Stunting Pada Balita 24-59 Bulan. JURNAL ILMIAH KESEHATAN SANDI HUSADA, 11(1), 262–270. https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.748

Putri, Y. D., & Yetti, R. (2019). Kegiatan Senam Otak Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 12–17.

Rahmadhita, K. (2020). Permasalahan Stunting dan Pencegahannya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 225–229. https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.253

Rofi’ah, S., Setyowati, A., & Idhayanti, R. I. (2018). Media gambar flashcard dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun. Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 78–92.

Sabriana, R., Riyandani, R., & Rosmiaty, R. (2022). Pemberdayaan Ibu Hamil Melalui Peningkatan Pengetahuan tentang Pentingnya Gizi dalam Kehamilan untuk Mencegah terjadinya Anemia. Abdimas Polsaka, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.35816/abdimaspolsaka.v1i1.4

Samosir, N. R. (2018). Penambahan Senam Otak Pada Play Therapy Lebih Baik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Ilmiah Fisioterapi (JIF), 1.

Suprapto, S., & Arda, D. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kesehatan Komunitas, 1(2), 77–87. https://doi.org/10.25311/jpkk.Vol1.Iss2.957

Additional Files

Published

2022-09-02

How to Cite

Akib, A., Rukinah, R. ., Wahyuni, R. ., & Pohan, E. . (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan dalam Mendampingi Perkembangan Motorik Halus Balita Stunting. Abdimas Polsaka, 1(2), 50–54. https://doi.org/10.35816/abdimaspolsaka.v1i2.17

Most read articles by the same author(s)